B Blog’s, I A.M a Blogger!

Hello everyone! Post gue hari ini ga seperti posting sebelumnya, yang kebanyakan tentang review film, in this post I'm gonna tell you about my Blogging story! tentang gimana awal mula gue ngeblog, keuntungan apa aja yang udah gue dapet dll. Bakalan gue ceritain semuanya di post ini. So... Cekidot!

WHY I STARTED BLOGGING?
tampilan awal baru nge-blog 
Nge-blog sendiri bagi gue bukan hal baru, dari SMP gue udah mulai blogging dan mungkin udah bikin 3-4 blog, yang berujung pada lupa password karena jarang nge-post, akibat dulu masih ga ngerti fungsi blog dan juga karena bingung mau nulis apaan. Sampai akhirnya, pas awal masuk kuliah (2011) gue memutuskan untuk ngeblog lagi atas saran dari kakak, yang bilang kalo mahasiswa itu pasti banyak tugas menulis, dan dengan ngeblog bisa membantu untuk membiasakan diri untuk nulis, serta bisa jadi tempat sharing tugas-tugas kuliah. 

Namun, setelah beberapa bulan punya blog dan akibat sering blog-walking, membuat gue memutuskan untuk lebih serius dalam nge-blog yang awalnya cuma wadah buat sharing tugas kuliah. Gue mulai belajar design blog dan photoshop, selain itu gue juga mencoba mencari spesialiasi tema blog gue, yang saat ini lebih ke review film, dan tutorial. 

Tema dan url blog gue sendiri awalnya adalah I SHARED ANYTHING, namun karena ngerasa namanya agak sulit untuk diingat oleh pembaca. Gue memutuskan untuk mengubah url dan header blog gue, dengan THE ANANDIC. Anandic, berasal dari gabungan nama panggilan gue, ANA dan nama panjang gue Andi Cintana, yang biasa disingkat ANDI C. Selain itu, juga karena memiliki brand name merupakan hal yang penting, karena hal tersebut bisa mempermudah kita untuk dikenal lewat dunia maya. postingan tentang brand name pernah gue tulis disini 

ADVANTAGES OF BLOGGING

Keuntungan yang gue dapat akibat nge-blog, selain jadi ngerti design blog dan photoshop, gue juga bisa sharing review atau pengalaman, dapetin banyak ilmu dan info baru, kenalan dengan temen baru, dan melalui blog dapat membantu mengasah kemampuan menulis gue, baik bahasa Indonesia maupun Inggris. Selain itu banyak event dan lomba yang diadain untuk blogger, dan dari blog juga gue pernah ngedapetin Handphone Samsung Galaxy Pocket, dari Event Blogger "Lomba Menulis Tempat Makan Favorit Blogger", dari review BOOKSHELF: Cafe and Small Bookstore!

Blogging yang awalnya cuma buat iseng dan mengisi waktu luang, sekarang jadi salah satu hobi gue!


TIPS & TRICK OF BLOGGING

Pertama kali bikin blog, yang terlintas pasti mau diisi dengan "apa" nantinya blog ini? gue yakin semua orang berpendapat seperti itu, kemudian, bagaimana dengan tampilannya? dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya yang terlintas sesaat sebelum memulai Go-Blog! Berikut Tips & Trick yang bisa gue sharing bagi kalian yang ingin mulai nge-blog
  • TEMA BLOG, buat blog yang isinya sesuai dengan passion kamu, misalnya kamu punya hobi memasak maka kamu bisa isi blog kamu tentang resep-resep yang pernah kamu buat atau review mengenai tempat makan yang pernah kamu datangi. Jangan pernah memaksakan tema suatu blog, jika itu bukan passion kamu, yang ada kamu akan ga konsisten untuk posting 

  • JANGAN COPAS! Sebagus apapun postingan dan tampilan blog mu, kalo isinya copas, sama aja plagiarisme dan mencuri hasil tulisan orang lain. Pasti ga maukan postingan yang udah kamu tulis capek-capek diambil dan di share oleh orang. Oleh karena itu, usahakan apabila kamu mengutip informasi dari blog orang lain selalu sisipkan sumber atau link ke blog asal yah!
  • KONSISTEN, usahakan untuk selalu konsisten dalam menulis postingan, biar blog kamu tetap aktif dan pembaca tetap setia buat mengunjungi blog kamu. (ini juga masih jadi kendala buat gue, karena  posting masih tergantung mood. jangan ditiru!)
  • TEMPLATE & HEADER, menjadi daya tarik utama selain isi postingan kamu, buatlah header blog dengan kata / slogan yang sesuai dengan isi blog kamu. Trust me! semakin menarik tampilan dan isi blog kamu, maka orang akan makin senang untuk membukanya. Selain itu jangan lupa pula gunakan font yang mudah untuk dibaca, seperti Arial, Times New Roman, Tahoma dll. 
  • GADGET, Jangan terlalu banyak gadget! gunakan cukup seperlunya saja, dan sebisa mungkin gunakan gadget yang tidak loading secara terus-menerus, seperti jam, kalender dan music. Bila di perhatikan detik pada gadget jam selalu berubah dan itu akan membuat blog menjadi berat untuk di buka. semakin berat blog maka semakin malas orang untuk mengunjungi blog kamu.
  • BLOGWALKING & COMMENT, dengan sering mengunjungi blog orang lain, selain akan mendapatkan informasi dan pengetahuan baru, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis dari blogger-blogger lain. Selain itu, jika kamu sering meninggalkan comment di blog orang lain, hal tersebut secara tidak langsung akan memperomosikan blog kamu.
  • UPDATE, bukan saja postingan yang harus kamu up-date, tapi tampilan blog mu juga! kalo kamu sudah mulai bosan, atau merasa ada gadget yang dirasa kurang dibutuhkan dan malah membuat blog kamu jadi lemot, lebih baik ubahlah tampilan blog kamu.
WHAT'S B-BLOG?

sumber
B-Blog adalah sebuah perusahaan asal Jepang yang khusus bergerak di bidang blog network sejak April 2006. B-Blog sendiri merupakan bagian dari CyberBuzz.inc, yaitu perusahaan yang menawarkan jasa social media dan website di Jepang, yang saat ini sudah memiliki lebih dari 10.000 anggota, yang juga merupakan anak perusahaan dari CyberAgent.Inc

CyberAgent.Inc, adalah salah satu grup Internet terbesar di Jepang, yang sudah berdiri sejak tahun 1998 dan mendunia dengan blog platform Amelbo.

Saat ini, CyberBuzz sudah ada di Indonesia loh! dibawah PT Bina Blog Indonesia. Dengan kamu ikut bergabung menjadi member B-Blog, akan ada pengalaman menarik sebagai blogger yang kamu dapetin, misalnya dengan mendapatkan akses premium Advertisers serta exclusive sampels, selain itu kamu juga akan mendapatkan undangan event dan informasi baru seputar blogger yang terbatas hanya untuk member B-Blog

B-Blog juga sering ngadain event atau lomba blogging juga! kaya sekarang gue juga sedang berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger!

3 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih 🙂