KEMOTERAPI, APA RASANYA SIH?


Setahun berlalu semenjak pertama kali saya didiagnosa kanker ovarium. Semenjak itu kehidupan dan aktifitas sehari-hari saya berubah karena saya harus menjalani masa pengobatan yang panjang. Pengobatan untuk pasien kanker sangatlah beragam, namun operasi, kemoterapi dan radiasi merupakan proses pengobatan yang biasanya dilakukan karena sudah teruji dalam membunuh sel kanker dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Namun, pasti setiap orang yang mendengar kata kanker, yang pertama kali terlintas dipikiran mereka adalah kemoterapi, botak dan kematian, bukan kamu saja kok saya juga dulu berpikiran seperti itu. Tapi apa sih sesungguhnya kemoterapi itu?
Kemoterapi (eng: chemoteraphy) adalah terapi yang menggunakan zat kimia untuk pengobatan pasien kanker. Kemoterapi pada pengobatan kanker berguna untuk menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel onkogen (kanker) pada tubuh pasien dengan menyerang sel-sel pembelahan mitosis (berkembang dengan cepat) yang diharapkan adalah sel onkogen. Obat kemoterapi hampir tidak menimbulkan dampak pada sel yang beristirahat (tidak melakukan pembelahan), namun dapat berdampak pada sel sehat lain yang aktif membelah seperti sel rambut.

Tidak seperti obat pada umumnya yang berbentuk tablet, syrup atau kapsul, kemoterapi berbentuk cairan atau berupa zat kimia yang disuntikkan ke pasien melalui infus dengan dosis dan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh dokter. Jenis obat kemoterapi juga sangatlah banyak, oleh karena itu efek samping yang dirasakan oleh tiap pasien pasti berbeda-beda. Saya menjalani 6 siklus kemoterapi dengan rentang waktu pemberian obat tiga pekan sekali, jarak ini sengaja diberikan agar badan saya bisa beristirahat dan dapat pulih kembali setelah pemberian obat kemoterapi.



Dalam satu siklus kemoterapi saya memakai dua jenis obat kemo dengan lama pemberian dua jam tiap obat, dilanjutkan dengan pemberian infus selama 6 - 12 jam guna membilas obat kemoterapi di pembuluh darah. Lama keseluruhan pengobatan tiap pasien pun bervariasi, namun saya sendiri menjalaninya sampai 6 bulan.


bungkusan hitam adalah obat kemo, lainnya adalah cairan infus untuk membilas obat kemo.
Setiap pasien kanker yang akan menjalani kemoterapi pasti takut dan bertanya-tanya apasih rasanya kemoterapi. Sesungguhnya tidak ada efek samping yang pasti dialami oleh pasien saat menjalankan kemoterapi, semua efek samping bergantung pada jenis obat, sugesti dan daya tahan tubuh kita dalam merespon obat tersebut. Efek kemoterapi yang saya rasakan sendiri juga berbeda-beda pada setiap siklus:
rambut rontok selama kemoterapi - saya simpen 😭
Kemoterapi pertama: Saat disuntikkan obat kemoterapi tidak ada efek samping yang saya rasakan. Keesokan harinya saya baru merasa agak kelelahan, dan berlanjut hingga malam harinya badan saya panas dingin dan sakit di sekujur tubuh terutama punggung (rasanya seperti digebukin). Selama 3 hari nafsu makan saya menurun dan saya hanya mau makan apa yang saya inginkan (ini lebih ke sugesti sih, hehe). Sepekan sebelum kemo kedua rambut dibeberapa area tubuh saya mulai rontok.


proses kemoterapi mirip seperti sedang diinfus pada umumnya // tanda hitam di tangan kiri saya merupakan efek kemoterapi ketiga
 Kemoterapi kedua: Tidak begitu berbeda dengan kemo pertama, kelelahan, hilang nafsu makan dan rambut rontok masih saya alami, oiya sekujur lidah saya juga sempat sariawan karena saya kurang memperhatikan kesehatan mulut. Sepekan sebelum kemo ketiga semua rambut disekujur tubuh saya sudah rontok, dari mulai alis, bulu mata, rambut di kepala, ketiak dan kemaluan.




Kemoterapi ketiga: Badan atau punggung saya sudah tidak sesakit sebelumnya, namun saya masih tetap merasa kelelahan, hilang nafsu makan serta sariawan. Selain efek samping diatas saya juga sempat mendapatkan luka seperti "melepuh" dan terbakar di tangan tempat penyuntikan obat kemo, akibat suster saat itu tidak cepat membilas obat kemo dengan cairan infus. Oleh karena itu penting sekali untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup, baik melalui infus dan minum air mineral saat menjalani kemoterapi ya.

Kemoterapi keempat: Jika sebelumnya kelelahan dan sakit punggung bisa saya rasakan hingga seminggu, pada kemoterapi keempat saya hanya merasakan efek tersebut selama tiga hari saja. Selain itu sempat tumbuh banyak jerawat di kepala saya.

Kemoterapi kelima: Tidak terlalu berbeda dengan kemoterapi keempat, namun saya sempat mengalami pembengkakan di kaki dan tangan saya selama seminggu. Menurut dokter itu adalah hal wajar karena efek samping dari obat kemo dexa.

Kemoterapi keenam: Tidak jauh berbeda dengan kemo keempat, saya masih merasakan sakit punggung dan kelelahan selama tiga hari. Namun akibat stress saya sempat mengalami mual dan muntah pada tiga hari pertama.



Saya yakin setiap pasien kanker yang akan menjalani kemoterapi pasti takut dan bertanya-tanya apasih rasanya kemoterapi. Sesungguhnya tidak ada efek samping yang pasti dialami oleh pasien saat menjalankan kemoterapi, semua efek samping bergantung pada jenis obat, sugesti dan daya tahan tubuh kita dalam merespon obat tersebut. Oleh karena itu buat kamu yang akan menjalani kemoterapi tidak usah takut dengan apa yang kamu lihat di tv atau omogan orang tentang kemoterapi ya, yakinkan saja dalam dirimu bahwa kemoterapi yang kamu jalani merupakan proses agar kamu dapat sehat kembali. 😊🎗

Saya bukanlah dokter dan tulisan ini merupakan murni pengalaman saya selama menjalani 6x siklus kemoterapi. Efek samping yang dirasakan oleh saya belum tentu dirasakan oleh anda, begitupun sebaliknya.

49 komentar

  1. Makasih sharingnyaaa mbaak andii. Skrng jd lebih tau mengenaii kemoterapii. Salaam kenaal ya mbaak. Mbaak semogaa selalu diberikan kuat dan bahagiaa sama Allah. Aamiin. . Terharu sama ketegaran mbak menjalani semua proses kemoterapi. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba lucky
      Sama-sama mba, terima kasih sudah berkunjung ke blog ku juga ^^. Amiiin semoga kita selalu diberi kesehatan ya mba :)

      Delete
  2. Selama ini mendengar kata kemo, saya sudah takut duluan mba...pengalaman dengan ibu mertua yang melakukan kemo juga... Keep fighting ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bukan mba saja kok saya juga dulu gitu. Terima kasih semangatnya mba ^^

      Delete
  3. Halo salam kenal dari Banjarnegara : ). semoga informasinya mencerahkan orang2 yang belum tahu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga mas ^^. iya semoga informatif ya postnya hehe

      Delete
  4. Hay
    Mba Andi
    Apa kabarnya sekarang. Smga sht sllu.
    Mba kita sama_ovarium 3 thn lalu
    Bedanya sampai saat ini saya blm punya nyali untuk kemo.
    Jika berkenan masih banyak hal yg ingin saya tanyakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bu, Alhamdulillah keadaanku baik dan sehat, semoga ibu juga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan :)
      Silahkan bu jika ada yang ingin ditanyakan. Mungkin jika banyak bisa via email saya di andi.cintana@yahoo.com dan fb saya Andi Cintana.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya bu :)

      Delete
  5. Semoga cepet sehat kembali y mba.. Sya jg akan mnjalani proses kemo mba,semoga sya bisa kuat dan semangat sprti mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Henie, Alhamdulillah saat ini saya sudah selesai program pengobatan dan sudah sehat kembali 😊
      Amiiin, bismillah diberikan kelancaran selama proses kemo & Insya Allah setelah ini diangkat penyakitnya mba. Semangat mba 💪💪

      Delete
  6. Mba, ibu saya akan menjalani kemo tolong doain y supaya ibu saya bisa menjalankan kemo ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, semoga lancar dan selalu diberi kesehatan ya ibunya ^^

      Delete
  7. Saya takut akan kemo. Tapi setelah baca ini sedikit dapat bayagan dan semangat. Bahwa kemo salah satu jalan utk saya sehat kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak semangat terus ya! bismillah kemonya dilancarkan ^^

      Delete
  8. Hai Kak Ana, salam kenal aku Handa, aku juga terkena Ca Ovarium Di usia 23, bulan Februari ini selesai operasi pengangkatan indung telur kanan, dan Maret besok dijadwalkan untuk kemo, semoga saya bisa semangat dan kuat kaya kak Ana yaa.. ❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Handa, salam kenal juga 😊
      Amiiin! Aku yakin kamu kuat kok, orang yg dikasih cobaan sakit ca itu orang yang kuat 😊. Semangat terus Handa, berdoa selalu agar diberikan kelancaran oleh Tuhan YME saat pengobatan.💕

      Delete
  9. Hai ka ana.. aku juga baru saja di diagnosa kanker ovarium.. aku mau tanya mba, setiap siklus kemo ka ana dirawat dirumah sakit berapa hari ya mba? Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sabrina maaf sekali aku telat balas, semangat terus untuk pengobatannya ya ^^, aku kemo pertama sampai ketiga dirawat 2 hari di RS, kemo ke-4 sampai ke-6 tidak nginap selesai kemo langsung pulang ^^

      Delete
  10. hai sista..kalau aku didiagnosis CA payudara sudah diangkat yg kanan plus kelenjar getah beningnya sekalian..saat ini baru menjalani kemo ke 2 masih kurang 6 kali lagi plus radiasi 35 kali..makasih sharingnya..semangaat untuk semuaa..yuuk kita taklukkanCA dgn semangat dan senyum..keep smile sista2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sharingnya mbak Novita, iya mbak semangat terus untuk semua CA fighter dan survivor ^^

      Delete
  11. Assalamualaikum gimana keadaan nya skrg mba ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaalaikum salam, alhamdulillah keadaan saya baik mas ^^

      Delete
  12. Terima kasih y mbak info n pengalamannya , mbak gimana kjeadaannya sekarang. Semangat trus ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah keadaan saya baik, iya selalu mbak, terima kasih juga sudah mengunjungi blog saya ya ^^

      Delete
  13. Saya mau nanya apakah umur 54 tahu. Itu masih kuat dalam melakukan kemoterapi soalnya ibu saya di curigai kanker payudara cuma masih belum. Keluar hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas maaf saya baru balasan komennya, semua itu tergantung dengan kondisi badan ibu mas. Saya tidak tau ibu mas kuat atau tidak yang bisa menjawab itu hanya hasil pemeriksaan dokter dan ibu mas sendiri, saya berdoa semoga hasilnya bagus dan ibu mas diberi kesehatan selalu oleh Tuhan 🙏

      Delete
  14. thanks mbak andi sharingnya, aku juga minggu ini rencana mau kemo pertama krn Ca payudara semoga berjalan dengan baik and tetap semangaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Retno, Amiiin, aku berdoa semoga lancar terus pengobatannya dan diangkat penyakitnya sehingga dapat sehat kembali 🙏

      Delete
  15. Inspiratif sekali mba Andi..tulisan mbak ini sy bacakan keseluruhannya didepan kakak perempuan sy krn beliau jg harus menjalani kemo dari vonis penyakit yg sama dg mbak Andi..smg berkah sehat dan umur panjang dari Allah SWT bagi mbak Andi dan keluarga..juga bagi mbakku..aamiin
    Terima kasih sudah berbagi pengalamannya..smg ini jd penyemangat bagi mbakku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Tuhan YME ya 🙏 semangat terus untuk mbaknya aku yakin mbak mu kuat dan hebat, temani dan semangati ia terus selama pengobatannya ya 💪💪

      Delete
  16. Hi Mba Ana,

    Boleh tahu persiapannya apa saja Mba sebelum menjalani kemo? Mungkin ada saran makanan yang harus dihindari/diperbanyak, supaya meminimalkan efek negatif dari kemo? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak,

      persiapannya siapkan mental dan fisik, untuk saran makanan intinya perbanyak makan saja, jangan sampai tidak makan kalaupun tidak nafsu makan tetap harus dipaksa. Sedangkan untuk makanan yang dihindari adalah makanan mentah seperti Karedok, Salad, Sushi, Sashimi dll makan yang dimakan harus matang dan bersih (alasannya karena saat kemo daya tahan tubuh kita menurun jadi kalau makan sembarangan akan mudah diare). kalau bisa jangan 4P (Penyedap, Pengawet, Pemanis dan Pewarna). Kemo suka bikin mual, kalau hal tersebut terjadi saran saya minum air jahe hangat.

      sama-sama mbak, terima kasih juga sudah mengunjungi blog saya. Saya doakan lancar kemonya dan sukses, sehingga bisa sehat kembali. Semangat terus ya ^^

      Delete
  17. Hallo mba salam kenal
    Suamiku kanker paru stadium 4 rencana kemo 1 tgl 8 jan,baca2 setelah kemo kluarga dsekitar harus hati2 tdk boleh dekat2 secara anak kami 3 masih keci2
    Apa mba ana jg begitu? Saya cari fb nya kok gak ada ya mba?tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak, saya doakan lancar kemoterapi suaminya dan semoga diberikan kesehatan selalu untuk mbak dan keluarga ya 😊

      Iya betul mbak, tidak boleh dekat2 malah selama 7 hari harus tidak tinggal serumah. Alasannya obat kemoterapi itu sangat keras, selama 7 hari pasien kemo akan mengeluarkan gas/urin/keringat yang mengandung kimia, jika terhirup atau kena bisa merusak sel-sel darah, anak kecil kan masih masa pertumbuhan dan daya tahan tubuhnya masih lemah jadi gampang rusak selnya, bahkan bisa dikhawatirkan dikemudian hari bisa kanker juga. Semoga menjawab ya ^^ untuk lebih pastinya bisa tanyakan dokter / susternya mbak

      FB saya? Ada kok mbak atau jika tidak ketemu bisa lewat Instagram :) Terima kasih :)

      Delete
  18. Assalamualaikum mba salam kenal..aku verni. Besok hari pertama aku jalanin kemoterapi,CA endometrium.
    Bismillah,mental dan fisik aku siap buat jalaninnya.
    Mba mau tanya selama kemoterapi,ada minuman/suplemen rutin kah yg mba konsumsi?kalo ada apa tuh mba?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alakumsalam mbak verni maaf ya baru bls, aku doakan kemoterapinya lancar dan sehat kembali ya mbak 🙏

      Tidak ada mbak, selama kemo saya rajin minum jus saja, seperti jus buah bit atau wortel. Kalau mual saya minum air jahe, sisanya hanya makan atau minum yang sehat saja.

      Terima kasih sudah mengujumeng blogku ya mbak 😊 semangat untuk kemonya ✊

      Delete
  19. Halo mb ana,salam kenal. Saya sara,minggu depan mungkin saya akan memulai kemo pertama kali. Dari efek kemo yg palong horor buat sy kok pas rontok alis dan bulu mata ya mb hehe. Klo rontok rambut bs ditutupi jilbab ya,klo alis dan bulu mata ay jd bingung menyiasatinya klo pas kerja hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak Sara, semoga kemonya lanacar ya mbak dan mbak bisa sehat kembali 🙏 iya mbak aku juga dulu ngerasa gitu, pas ga ada alis keliatan bgt mukanya kosong / pucat, kalo dulu saya paling pake pensil alis mbak walaupun emg keliatannya ga natural 😅

      Delete
  20. wah sekarang gimana mbak?,sudah sehat?,tidak ada kanker lagi yang muncul kah?

    ReplyDelete
  21. semangat bagi para penderita kanker diluar sana :)

    ReplyDelete
  22. Maaf mba mau nanya kalo ada masalah di gigi apakah bisa kemo?

    ReplyDelete
  23. Selamat malam semuanya. Terkhusus yg punya vlog ini salam kenal. Dari kemarin saya baca² artikel soal chemo gak ada yg bikin besar ke hati. Pengalaman saya 2pekan baru selesai pengangkatan kista. Stelah keluar hasilnya dari Lab ternyata harus dilakukan chemoteraphy,awalnya semangat pasrah mau ikutin arahan dr dokter. Tapi entah ini MLM dilema merasa takut untuk chemo hari besok,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih 🙂