MARI BERSAMA CEGAH DAN LAWAN KANKER


Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Dunia, melalui hari tersebut seluruh masyarakat dunia bersama-sama melawan kanker. Tujuan utama dari adanya Hari Kanker Dunia adalah agar dapat menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian oleh kanker, karena seungguhnya kanker dapat dicegah, dengan cara mendorong pemerintah dan individu untuk mengambil langkah.
Faktanya saat ini terdapat 8,2 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Kanker juga membunuh lebih banyak orang daripada AIDS, Malaria dan TB, bahkan bila ketiganya digabungkan menjadi satu. Oleh karena itu, Hari Kanker Dunia merupakan kesempatan yang cocok untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker.


Tidak pandang bulu kanker bisa menyerang siapa saja, bukan hanya mereka yang memiliki keturunan / keluarga dengan kanker. Untuk kasus saya sendiri saya memang memiliki turunan tersebut, nenek saya mengalami kanker usus dan tante saya kanker payudara, saya sendiri kanker ovarium. Namun, ada juga orang-orang yang bisa mengalaminya meskipun tidak memiliki gen tersebut, bila tidak melakukan gaya hidup sehat dan pencegahan sejak dini. 




Faktanya 70% pasien kanker ada di negara berkembang. Selain itu, 43% kanker dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi tembakau dan alkohol, mengurangi paparan bahan pemicu kanker, mengikuti program vaksinasi dan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat. 
Cara pencegahan kanker bisa dilakukan dengan CERDIK yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress. Melakukan gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat dengan gizi seimbang, beraktifitas fisik setiap hari, dan tidak mengkonsumsi alcohol, tidak merokok, dapat menurunkan risiko terhindar dari kanker hingga 50%. 

Orang yang dekat saya pasti tau bahwa saya selalu rutin aktifitas fisik, tidak merokok dan juga tidak minum, tapi kok saya bisa kanker juga? percaya atau tidak tumor yang tadinya jinak berkembang  menjadi ganas setelah saya berhenti 3 bulan aktifitas fisik, kurang istirahat dan stress karena skripsi, kerjaan dan masalah rumah. Hal ini ditambah juga dengan adanya gen kanker di keluarga saya. Oleh karena itu aktifitas fisik, istirahat yang cukup dan kelola stress juga merupakan hal terpenting, sebab jika kita tidak melakukan hal tersebut racun di dalam tubuh kita tidak akan keluar (melalui keringat saat beraktifitas) dan kurang tidur serta stress dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Rajin cek kesehatan ke dokter atau melakukan deteksi dini memungkinkan pasien kanker untuk memiliki kesempatan ditangani dengan baik 30% lebih tinggi. Terdapat beberapa kanker yang dapat diketahui melalui pemeriksaan dini tanda dan gejalanya, seperti kanker payudara, leher rahim, usus besar, kulit dan beberapa kanker pada anak. Tidak rugi kok untuk selalu rajin cek kesehatan dan melakukan deteksi dini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati kan? 😊



Saya paham sekali rasanya jadi survivor kanker dan menjalani kemoterapi. Buat kamu yang didiagnosa kanker harus selalu semangat dan berpikir positif, karena salah satu obat utama dari penyembuhan kanker adalah mindset kamu sendiri. Orang dengan kanker juga masih dapat mengikuti aktivitas yang sama dengan orang lain, saya sendiri saat ini masih bisa berkendara kemana-mana sendiri, bekerja dan juga beraktivitas seperti dulu. Buat keluarga dan saudara dengan pasien kanker selalu dampingi mereka, karena proses pengobatan kanker itu sangatlah berat dan panjang. Sedangkan buat teman-teman yang sehat, hargai bahwa sehat itu sangatlah berharga dan selalu lakukan gaya hidup sehat dan bersih.


"Selalu berpikir positif dan tetap beraktivitas untuk kebaikan banyak orang"🎗

4 komentar

  1. Semangat mba andi. Mba andi survivor kanker yg hebat. Saya salut. Terimakasih untuk tulisannya yg inspiratif..

    ReplyDelete
  2. trims infonya : ) sangat-sangat membantu dan mencerahkan bagi kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir di blog. Alhamdulillah

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih 🙂