Workcamp in Prostitution area

Atas (Ki-Ka), Aina Mao Aya Marta
Bawah (Ki-Ka), Taiki gue Misako aka Masako :p
Have I mentioned before, that I'm joined workcamp in prostitution area? ya... gue join workcamp dengan tema KIDS and EDU, dengan sedikit problem "khusus", mengajar buat anak-anak di daerah prostitusi, Tegalrejo aka Tegal Panas. Kenapa bisa dibilang Tegalpanas? karena Tegalrejo merupakan tempat karaoke "esek-esek" 24 jam, dan yang memperihatinkan adalah anak-anak hidup dan tinggal di tempat karaoke prostitusi ini. Kalo kalian liat ibu-ibu pakai hotpants dan pakaian dalam didepan rumah, merokok dan bertato bahkan kadang berduaan dengan bapak-bapak, kemudian ada anak-anak bermain didepan dia dan bertingkah seolah hal tersebut adalah rumlah,  beginilah situasi di Tegalrejo.

Workcampnya sendiri berlangsung selama 13 hari, dan anggota workcampnya terdiri dari 4 orang Indonesia (incl. 1 Indonesian Campleader) dan 6 Japanese (incl. 1 Japanese campleader). 




Hari pertama workcamp diisi dengan perkenalan dengan penduduk sekitar, sekalian tegur-sapa dengan warga sekitar. pertama kali yang bikin shock, pas liat gambar ini terpampang di depan tembok rumah... dan semua orang disana, termasuk adik-adik kecil melihat gambar ini adalah hal yang bisa. kata kondom, ejekan kasar udah bukan hal asing disini.



Hal pertama yang jadi bayangan gue ketika dateng kesana, adik-adik itu gimana ya hidupnya ya.... bisa kalian bayangin rumah mereka yang rata-rata hanya sebesar kontrakan dengan 2 kamar, 1 dapur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang tamu. pada bagian ruang tamunya disulap jadi ruang karaoke. tempat tinggal gue aja yang berjarak 4 rumah dari kawasan karaoke, setiap malem kesulitan untuk tidur apa lagi adik-adik disana. untuk tidur aja mereka kesulitan apa lagi belajar?!


Akibat lingkungan yang ga kondusif ini, behave mereka jadi tidak terkontrol, jika meminta sesuatu cenderung kasar dan tidak jarang memakai kekerasan seperti memukul, menendang dan mencubit, kemudian cemooh sesama teman menggunakan kata-kata yang menurut saya anak kecil tidak seharusnya tau, akibat dari lingkungan yang ga kondusif dan rata-rata orang tua mereka merupakan sex worker, mereka jadi kurang kasih sayang, dan ketika berinteraksi sama kita bisa dibilang "caper", seperti teriak-teriak ke kita, kita di tarik-tarik, malahan gue sempet dicubit sampe biru T_T

Kalo kita ngobrol sama mereka, mereka sama aja kaya anak kecil kebanyakan. tapi karena perasaan insecure mereka tadi, mereka jadi kurang well behave. mereka mungkin lebih pilih seharian di Volunteer house di banding rumah mereka sendiri. Karena kalo di rumah pasti mereka di omelin dan di pukul, malahan pernah dengan mata kepala gue sendiri gue liat anak umur 5 tahun di omelin ibunya, dan si ibu ngeluarin kalimat dengan bahasa jawa kasar, "pergi aja dari rumah".

Dan ada satu cerita, gue pernah lagi jaga Vol's house... dan dateng lah adik ini buat main. sampai akhirnya kami capek dan baringan berdua, umur adik ini sekitar 5-6 tahun. Pas tau dia umur segitu gue tanya.

G: de, kamu ga TK? kamu nanti mau sekolah SD kan?
A: aku pernah TK ka. tp berhenti. kata ibu uangnya di pake.

A: Kaka kalo tidur dimana?
G: kaka tidur diatas, kalo kaka yang perempuan tidurnya di atas, kalo kamu bobonya dimana? bareng bapa, ibu sama ade?
(adik ini rumahnya disamping Vol's house, dia tinggal di kontrakan ukuran 4x2, yang dibagi jadi 2 ruangan, sedangkan kamar mandi ada diluar berbagi dengan penghuni kontrakan lain)
A: aku bobo sendiri di depan ka, ibu bapa sama adek-ku bobonya di belakang. Kadang kalo malem aku bobo sama ade'ku doang. ibu sama bapa kalo malem kerja.

Bisa kamu bayangin anak umur 5-6 tahun tidur sendirian di ruangan yang bisa dibilang ruang tamu? dan kadang dia tidur cuma berdua sama ade nya yang masih umur 1 bulan?! krn ibunya harus kerja jadi sex worker dan bapanya jadi supir truk pas malem hari??

Sepulang dari workcamp, hingga saat nulis ini di blog, gue selalu kepikiran adik-adik ini. mereka ngapain, kehidupan mereka gimana selanjutnya. ada doa dari hati ini, biar mereka keluar dari lingkungan disana, biar nantinya mereka ga jadi sex worker juga.... Beberapa adik yang udah besar, udah ngerti kalo menjadi sex worker bukan pekerjaan yang baik, dan mereka punya cita-cita sendiri. tapi kalo mereka dewasa nanti pasti mereka butuh uang, apalagi disana pendidikan rata-rata cuma sampai SD. sampai akhirnya gue berjanji dalam hati untuk balik kesana lagi, suatu hari nanti... pasti.

Banyak pengalaman dari tegalrejo yang ga bisa gue tulis disini. yang bisa gue bilang cuma, bersyukur yuk sama keadaan kita sekarang dan bantu orang-orang disekeliling kita, kita ga perlu nuggu jadi orang hebat atau presiden sekalipun buat mengubah kehidupan seseorang, hal kecil aja bisa sangat berarti buat mereka, kalo kamu nunggu orang-orang di DPR sama buat membenahi negeri ini, kapan mau terlaksananya? kenapa ga bertindak dari diri sendiri aja?

6 komentar

  1. astaga.. sedih deh bacanya ndi :( kasian adek-adeknya ya dan lu beruntung bgt bisa jd volunteer disana walaupun sebentar, it was an amazing experience ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nad emang sedih kalo liat kondisi disana :'(
      banget! insyaAllah kalo ada waktu mau ikutan lagi yang 2-11 bulan hehe. ga ada yg lebih baik dr pd bikin diri berarti buat org lain :')

      Delete
  2. Ya Allah Na..... Gue baru baca yang ini dan elu berhasil bikin mata gue berkaca-kaca. Nyesek ni dada bacanya T_T :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ti emg sedih bgt kalo tau keadaan disana kaya gimana :'(
      gue juga kalo inget dan kepikiran mereka rasanya pengen balik kesana lagi

      Delete
  3. weel kak, bulan februari 2017 ini saya juga bakal menjadi campleader di Tegalrejo mungkin kalo ada saran buat saya bakal sangat membantu kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi, maaf sekali baru balas :( wah selamat yaaa semoga amanah jd leadernya hihi. saranku paling sering2 aja komunikasi sama campleader yang dari luar, dan sering nanyain keadaan orang asingnya soalnya pasti mereka agak ga biasa sama suasana di Tegalrejo. btw, ini kamu ikut IIWC pertama kali? atau sudah pernah sebelumnya?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak memasukkan link aktif. Terima kasih 🙂